Pages

Subscribe:

Senin, 18 Juni 2012

Analisis UKA


Analisis
Ketika kita mendengar tentang ujian kompetensi awal yang disingkat sebagai (UKA) ini merupakan Kebijakan sertifikasi guru yang dimulai sejak tahun 2006 telah dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional. Pada setiap kebijakan prosesnya, pemerintah berhak untuk melakukan evaluasi apakah proses dan sistem yang dilakukan sudah benar benar sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan dan harapan yang diinginkan. proses sertifikasi untuk tahun 2012 mengalami penyempurnaan dari sebelumnya dengan diawali uji kompetensi guru dan yang dinyatakan lulus dapat mengikuti kegiatan berikutnya yaitu PLPG. 

        Namun hal itu disilahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, agar ujian kompetensi ini sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh para guru nyatanya mereka mengalami masalah mereka rela dipungut biaya agar mereka dengan  mudah lulus dalam ujian kompetensi ini. Realita seperti ini sering kita dengar dalam berita ataupun dalam koran yang telah ada. para petinggi di bidang pendidikan telah merancang banyak sekali program agar Sumber daya manusia di negara ini berkualitas dan profesional, namun kenyataannya tidak seperti yang telah diharapkan pemerintah , banyak guru melamar pekerjaan agar hidup mereka menjadi lebih baik seperti halnya banyak guru yang mengikuti ujian kompetensi awal. Seperti halnya di Kecamatan Gedong Tataan mengeluhkan pungutan yang dilakukan  KUPT Dinas Pendidikan Pesawaran. Pungutan Rp200.000, saat menyerahkan berkas A.1. Namun ketika ditanya soal tentang pungutan tersebut sebagian guru tak mengakui akan pungutan tersebut. Namun Menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) yakni Mohammad Nur telah memintak semua pihak untuk menolak praktik pungutan yang terjadi di dunia pendidikan, Muhammad Nuh juga menghimbau bagi para guru untuk tidak membuka celah dan menjadi program pungutan liar  selain itu beliau berjanji akan menyusun sebuah strategi agar  pungutan liar tersebut tidak terulang kembali. 

Saran:
Semoga apa yang diharapkan dan dijanjikan oleh Mohammad Nuh (mendikbud) benar-benar terlaksana atau terwujud dengan begitu pendidikan di indonesia akan menjadi lebih baik seperti yang telah diharapkan oleh banyak orang, terutama bagi pendidik harus memberikan contoh yang baik bagi masyarakat sekitarnya.

1 komentar:

  1. galaxy watch 3 titanium games
    galaxy watch 3 titanium games · galaxy watch 3 titanium titanium grades games · titanium ore galaxy watch 3 titanium games · babyliss nano titanium galaxy watch 3 titanium games · galaxy titanium gold watch 3 titanium sunglasses titanium games.

    BalasHapus